Rabu, 26 September 2007

SIG UNTUK PENENTU LOKASI POTENSIAL PEMASARAN PRODUK

Suatu Instansi atau PT.X. ingin mengembangkan perusahaannya di tempat yang strategis dimana maju tidaknya suatu perusahaan terletak pada lokasi yang yang akan dibangun oleh perusahaan tersebut, untuk menentukan suatu lokasi yang strategis mengalami kesusahan karena data lokasi tersebut sering kali tidak akurat dan perusahaan masih menggunakan cara manual yang memakan banyak waktu dan biaya sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Untuk menanggulangi dan mengantisipasi masalah yang timbul maka perusahaan tersebut membentuk suatu badan khusus untuk menanggulangi masalah yang berhubungan dengan informasi lokasi dalam bentuk SIG untuk lokasi wilayah bandung. PT.X. tersebut membentuk Direktorat R&D (Research & Development). Dalam peranannya tersebut, maka Direktorat R&D dituntut agar profesional dalam menjalankan tugas yang telah diberikan serta bagaimana mengatasinya. Dalam peranannya tersebut, langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Direktorat R&D di PT.X. adalah dengan mencatat data atau pemetaan lokasi yang strategis. Sehingga diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menangani permasalahan tersebut. Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi salah satu sistem informasi yang dianggap dapat memberikan dan menangani masalah tersebut diatas. Dengan antar muka (Interface) berbasis pemetaan (mapping) diharapkan pengguna dapat mencari informasi yang berhubungan dengan data yang diperlukan, dapat mengunakan lembaran-lembaran peta yang lebih presentatif (real World), inovatif, dan interaktif dengan fasilitas klik objek secara langsung kesuatu titik lokasi untuk mendapatkan informasi yang tersedia

1 komentar:

Maramis Setiawan mengatakan...

Mas...saya mahasiswa Teknik Industri ITS, ingin mengambil topik GIS marketing dalam mengerjakan 'kerja praktek' jika mas berkenan mohon file atau keterangan lengkap tentang artikel ini di kirimkan ke email saya...maramis_setiawan@yahoo.co.id. Terima kasih