Kamis, 13 September 2007

TREND IT

Wi-Fi (Wireless Fidelity)

Wi-Fi (Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda “Wi-Fi Hot Spot”. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.

Wi-Fi hanya dapat di akses dengan peralatan Wi-Fi certified Radio seperti komputer, laptop, PDA atau Cellphone. Untuk Laptop versi terbaru keluaran tahun 2007, sudah terdapat wifi on board. Bila belum tersedia pemakai dapat menginstall Wi-Fi PC Cards yang berbentuk kartu di PCMCIA Slot yang terdapat di laptop atau Wifi USB .

Untuk PDA, pemakai dapat menginstall Compact Flash format Wi-Fi radio di slot yang telah tersedia. Bagi pengguna yang komputer atau PDA - nya menggunakan Windows XP, hanya dengan memasangkan kartu ke slot yang tersedia, Windows XP akan dengan sendirinya mendeteksi area disekitar Anda dan mencari jaringan Wi-Fi yang terdekat dengan Anda. Amatlah mudah menemukan tanda apakah peranti tersebut memiliki fasilitas Wi-Fi, yaitu dengan mencermati logo Wi-Fi CERTIFIED pada kemasannya. Meskipun Wi-Fi hanya dapat diakses ditempat yang bertandakan “Wi-Fi Hotspot”, jumlah tempat-tempat umum yang menawarkan “Wi Fi Hotspot” meningkat secara drastis. Hal ini disebabkan karena dengan dijadikannya tempat mereka sebagai “Wi-Fi Hotspot” berarti pelanggan mereka dapat mengakses internet yang artinya memberikan nilai tambah bagi para pelanggan. Layanan Wi-Fi yang ditawarkan oleh masing-masing “Hots Spot” pun beragam, ada yang menawarkan akses secara gratis seperti halnya di executive lounge Bandara, ada yang mengharuskan pemakainya untuk menjadi pelanggan salah satu ISP yang menawarkan fasilitas Wi-Fi dan ada juga yang menawarkan kartu pra-bayar. Apapun pilihan Anda untuk cara mengakses Wi-Fi, yang terpenting adalah dengan adanya Wi-Fi, Anda dapat bekerja dimana saja dan kapan saja hingga Anda tidak perlu harus selalu terkurung di ruang kerja Anda untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.

OVERCLOCK

Overclock adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat performa lebih tinggi. Tetapi perlakukan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang. Overclock biasanya dipraktekkan oleh para pengguna PC untuk "memaksa" periferal komputer bekerja diatas normal dengan tujuan akhir untuk meningkatkan performa kerja komputer.

Perangkat PC yang di-overclock sama saja dengan dipaksa melebihi kemampuan aslinya. Namun, overclock PC ini, selain membuat perangkat sistem menjadi tak stabil, dapat membuat kerusakan pada perangkat keras, terutama jika merusak mainboard, harddisk, dan prosesor.

Untungnya sekarang banyak perangkat keras yang dibuat dengan fabrikasi yang sudah handal untuk keperluan overclock, sehingga apabila dengan wawasan pengertian dan pengalaman overclock, itu kerusakan pada saat overclock dapat diminimaliasi.

Bittorent dominasi trafik internet

Bittorent P2P menjadi sistem paling populer sebagai protocol filesharing. Bittorent memiliki traffic ampai 50-75% dari lalulintas trafik internet atau 40% data trafik internet dunia.
Sejak 2004, Bittorent baru mencapai 35% dari pengunanan trafik internet, angka saat ini memang menakjubkan dan terus menjadi besar kata iPoque.

Dan juga sampai sekarang Bittorent mulai populer digunakan oleh kalangan anak muda yang gemar mendownload film,kata mereka Bittorent bagus buat men-download film yang berekstensi seperti avi.

Skype, software VOIP untuk berkomunikasi via internet juga meningkat. Sekitar 2% dari seluruh trafik internet di dunia digunakan oleh Skype.


Kaspersky, Antivirus Terbaik untuk Vista?
Jakarta - Antivirus Kaspersky ternyata terpilih menjadi Antivirus terbaik untuk sistem operasi Windows Vista. Antivirus besutan pengembang keamanan Rusia tersebut 'diberkahi' dengan 3 penghargaan dari 3 sumber berbeda yang telah memilihnya menjadi solusi keamanan terbaik bagi Vista.
Dikutip detikINET dari Softpedia.com, Rabu (18/4/2007), Kaspersky Internet Security 6.0 dipilih menjadi solusi keamanan terbaik oleh majalah Jerman, com! Das Computer Magazin. Menurut pakar teknologi dalam majalah tersebut, com! memilih Kaspersky atas tingginya kualitas pendeteksi virus, firewall dan beberapa fitur tambahan seperti penyaring spam yang dianggap sukses mendeteksi pesan ber-spam. Selain itu juga antivirus Kaspersky hanya membutuhkan spesifikasi komputer yang rendah jika dibanding pesaingnya.

Masih dengan Kaspersky Internet Security 6.0 , majalah ComputerBild yang juga berasal dari Jerman memilih antivirus tersebut menjadi solusi keamanan optimal untuk Vista.

Tak hanya di Jerman, majalah PC User IT di Australia ikut menobatkan Kaspersky sebagai pemenang antivirus. Dalam pemilihannya, majalah Australia itu menguji beberapa antivirus dengan 400 sampel malware yang berbeda. Dan hasilnya, antivirus Kaspersky hampir mendekati sempurna dalam mendeteksi keberadaan malware.

CAKRAM BLUE-RAY

Cakram Blu-ray (Inggris: Blu-ray Disc disingkat BD) adalah sebuah format cakram optik untuk penyimpanan media digital termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyak dari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah, 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Format saingan Blu-ray yaitu HD DVD juga menggunakan laser jenis yang sama. Cakram Blu-ray dapat menyimpan 25 GB pada setiap lapisannya dibandingkan dengan 4,7 GB pada DVD. Beberapa pabrik bahkan telah membuat cakram Blu-ray satu lapis dan dua lapis (50 GB) yang dapat ditulis ulang.[1] Beberapa studio film yang mendukung format Blu-ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada cakram berkapasitas 50 GB.

Cakram Blu-ray mirip dengan PDD, format cakram optik lainnya yang dikembangkan oleh Sony dimana sudah tersedia sejak 2004. PDD memilik kecepatan transfer data yang lebih tinggi. PDD lebih ditujukan untuk pemakaian data bisnis atau cadangan.

Cakram Blu-ray sekarang ini sedang dalam perang format dengan saingannya HD DVD.

Blue-ray vs HD-DVD.png


HD DVD

HD DVD adalah singkatan dari High-Definition DVD merupakan sebuah format cakram optik berkepadatan tinggi yang didisain untuk menyimpan data termasuk video definisi tinggi.

Cakram HD DVD dirancang untuk menggantikan format DVD. HD DVD dapat menampung data sebanyak tiga kali data yang ditampung DVD (15 GB per lapis berbanding 4,7 GB). Standar HD DVD dikembangkan oleh Toshiba dan NEC.[1] Pada 19 November 2003, DVD Forum turut mendukung HD DVD sebagai penerus standar definisi tinggi. Pada pertemuan tersebut disepakati untuk menggunakan nama HD DVD yang sebelumnya dinamai AOD (Advanced Optical Disc).

Di Consumer Electronics Show 2006, Microsoft mengumumkan bahwa akan ada perangkat eksternal tambahan berupa kandar HD DVD di konsol permainan Xbox 360, hal ini direalisasi pada November 2006. Pada ajang tersebut, perusahaaan-perusahaan yang mendukung format HD DVD juga mengatakan bahwa akan ada 200 judul film akan tersedia pada akhir tahun.

Tidak ada komentar: