Kamis, 20 September 2007

SISTEM INFORMASI

E-GOLD

merupakan uang internet (internet money) yang paling populer setelah Paypal dan diawasi oleh badan keuangan di Amerika & Inggris dan juga didukung oleh Bank-Bank besar dunia di dalam penarikan atau pencairan dana.

E-Gold sendiri merupakan salah satu mata uang internet yang nilainya berdasarkan nilai harga emas murni di pasaran dunia, oleh karena itu mata uang ini nilainya bisa berubah-ubah (fluktuasi) mengikuti harga emas dunia. Sejak tahun 2004 hingga 2006 harga emas sendiri telah mengalami lonjakan hingga di atas 50% sehingga apabila kita menyimpan uang kita di E-Gold, jelas sangat menguntungkan dibandingkan menaruh uang di Bank yang saat ini mendapatkan bunga satu digit dalam setahun. Jadi E-Gold sendiri bisa dijadikan investasi jangka menegah hingga jangka panjang. Awal tahun 2007 saja harga emas sudah naik lebih dari 5% dalam jangka waktu 1.5 bulan.

Selain itu E-Gold itu nilai mata uangnya mengikuti pengerakan nilai mata uang US Dollar juga. Kita bisa membeli E-Gold dalam Rupiah ketika harganya murah atau US Dollar lagi turun, bila kita mencairkannya tunggu harga US Dollar lagi tinggi. Jadi intinya semakin tinggi nilai tukar mata US Dollar terhadap Rupiah, kita akan semakin untung, karena semua Changer E-Gold rate Jual-Beli mereka juga selalu mengikuti nilai tukar dari US Dollar terhadap Rupiah seperti layaknya Bank. Anda bisa menjual E-Gold dengan rate lebih tinggi kepada pembeli yang anda kenal secara langsung, ini akan jauh lebih menguntungkan.

Kesimpulannya kalau anda menyimpan uang di E-Gold hampir sama dengan menyimpan uang dalam bentuk US Dollar dan jauh lebih menguntungkan dari pada di Bank manapun di dunia dalam jangka menegah hingga panjang karena nilainya juga berdasarkan harga emas murni yang cenderung akan naik terus karena emas merupakan logam yang langka yang banyak orang menyimpannya juga.

SISTEM INFORMASI AKUNTASI

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah Sistem Informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :

  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  • Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  • Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.

Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadiGIS dengan Quantum GIS. bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.


PAKET MATRIX FREE HAJI ABONEMEN
LAYANAN TERBARU DARI INDOSAT


JAKARTA -- PT Indosat tahun ini kembali menyediakan layanan komunikasi bagi para jamaah yang sedang menjalankan ibadah umroh dan haji di Tanah Suci, Arab Saudi, melalui Paket Matrix Haji Free Abonemen dan Matrix Haji Strong 50. Kedua paket tersebut memberikan berbagai kemudahan dan manfaat yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, serta tambahan menu browser yang disediakan untuk mendapatkan informasi seputar haji. Menjadi komitmen kami untuk memberikan layanan yang tidak hanya mudah tapi juga memberikan kesempatan kepada para jama'ah umroh dan haji untuk tetap merasakan kedekatan dengan keluarga dan kerabat di tanah air dengan biaya menerima panggilan telepon dari Indonesia yang lebih murah,” demikian diungkapkan Guntur S. Siboro, Direktur Marketing Indosat.

Paket Matrix Haji Free Abonemen memberikan gratis abonemen bulanan, tarif SMS internasional hanya Rp.500,- tariff MMS Rp. 1000,-. Diskon SLI 001 dan 008 sebesar 5%, serta tariff menerima telepon murah di Arab Saudi dari manapun sebesar Rp.400,-/6 detik. Selain itu paket ini juga memberikan gratis aktivasi kartu, serta biaya roaming internasional gratis dengan cara menunjukkan foto copy Bukti Pembayaran Ibadah Haji dan Umroh ke Galery Indosat terdekat.

Sementara itu, paket Matrix Haji Strong 50 memberikan fasilitas yang hampir sama dengan program Paket Matrix Haji Free Abonemen, namun khusus untuk biaya abonemen bulanan dikenakan sebesar Rp.50.000,- per bulan.

Program Matrix Haji dan Umroh memberikan beberapa kemudahan antara lain free SIM card aktif, menu browser M-Haji, layanan berbasis SMS untuk mengetahui info seputar haji, fasilitas internasional roaming tanpa deposit. Adapun layanan menu browser M-Haji yang berisi seputar informasi mengenai ibadah haji bisa didapatkan pelanggan dengan mengaktifkan (download) terlebih dahulu menu satelindo@ccess pada SIM Card pelanggan dari ponsel. Untuk kemudahan mendapatkan jaringan GSM selama di tanah suci pastikan ponsel berada dalam status ‘Automatic Select Network’

“Semua paket layanan Matrix tersebut merupakan kepedulian kami untuk memberikan layanan komunikasi yang lebih mudah dan nyaman, sehingga dapat mendukung kelancaran dan kekhusyukan pelanggan Indosat dalam menjalankan ibadah haji dan umroh,” demikian Guntur Siboro menutup penjelasannya.

E BUSINESS

E-bisnis (Inggris: Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-dagang mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan [1] .

Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

SISTEM PERINGATAN DINI TSUNAMI

Sistem peringatan dini tsunami adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mendeteksi tsunami kemudian memberikan peringatan untuk mencegah jatuhnya korban. Sistem ini umumnya terdiri dari dua bagian penting yaitu jaringan sensor untuk mendeteksi tsunami serta infrastruktur jaringan komunikasi untuk memberikan peringatan dini adanya bahaya tsunami kepada wilayah yang diancam bahaya agar proses evakuasi dapat dilakukan secepat mungkin.

Ada dua jenis sistem peringatan dini tsunami yaitu sistem peringatan dini tsunami internasional dan sistem peringatan dini tsunami regional. Gelombang tsunami memiliki kecepatan antara 500 sampai 1.000 km/j (sekitar 0,14 sampai 0,28 kilometer per detik) di perairan terbuka, sedangkan gempa bumi dapat dideteksi dengan segera karena getaran gempa yang memiliki kecepatan sekitar 4 kilometer per detik (14.400 km/j). Getaran gempa yang lebih cepat dideteksi daripada gelombang tsunami memungkinan dibuatnya peramalan tsunami sehingga peringatan dini dapat segera diumumkan kepada wilayah yang diancam bahaya. Akan tetapi sampai sebuah model yang dapat secara tepat menghitung kemungkinan tsunami akibat gempa bumi ditemukan, peringatan dini yang diberikan berdasarkan perhitungan gelombang gempa hanya dapat dipertimbangkan sebagai sekedar peringatan biasa saja. Agar lebih tepat, gelombang tsunami harus dipantau langsung di perairan terbuka sejauh mungkin dari garis pantai, dengan menggunakan sensor dasar laut secara real time.

Sistem peringatan dini tsunami pertama kali dibuat di Hawaii pada 1920-an.

PERDAGANGAN ELEKTRONIK

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

WiMAX VS 3G

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh.

Belakangan ini teknologi WiMAX telah menjadi primadona perbincangan dan diskusi baik diantara vendor maupun operator telekomunikasi dunia. Dengan kemampuan yang lebih dibanding teknologi BWA (Brodband Wireless Access) sebelumnya WiMAX menjadi salah satu penantang 3G (sistem seluler generasi ke-3) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan akses kecepatan tinggi.

Dengan munculya WiMAX secara otomatis akan menimbulkan persaingan antara pengusung WiMAX dengan vendor pengusung 3G. Masing-masing saling berlomba menunjukkan kebolehan dan keunggulan baik yang terkait dengan teknologi, layanan, investasi (nilai ekonomis) maupun dalam kemudahan penggunaan dan pemeliharaannya. Seperti diketahui telah banyak negara yang mengimplementasikan teknologi 3G (Indonesia masih trial) namun untuk WiMAX masih dalam proses sertifikasi. Kalaupun ada yang mengimplementasikan masih menggunakan teknologi pre WiMAX.

Banyak faktor penentu untuk suksesnya implementasi suatu teknologi. Dengan demikian sangat perlu diperhatikan tentunya bagi operator yang akan mengoperasikan teknologi WiMAX atau 3G. Artikel berikut merupakan sekilas uraian perbandingan antara teknologi WiMAX dan teknologi 3G. Tentunya dalam proses evaluasi yang lebih tajam diperlukan adanya kajian yang lebih mendalam menyangkut aspek teknis maupun aspek ekonomis. Selain itu perlu dibedakan antara kajian untuk operator incumbent maupun bagi operator baru.

HOLOGRAPHIC DISPLAY

Seringkali di film-film sci fi para aktor menggunakan holographic display. Sekarang hal ini sudah mungkin dilakukan dengan menggunakan Helio Display

Gambar yang muncul diproyeksikan di udara tepat diatas sebuah display unit. Walaupun gambar yang muncul baru berwujud 2 dimensi, tetapi layar ini bersifat interaktif, dan bahkan dapat kita sentuh seperti halnya touchscreen.

Helio Display ini pun dapat dihubungkan dengan PC standard ataupun sebuah DVD player, jadi tunggu saja beberapa tahun kedepan, mungkin kita dapat menggunakan holographic display sebagai monitor PC kita :-)

Venus VT-10 - Solusi Komunikasi untuk Notebook

Teknologi CDMA merupakan salah satu teknologi yang cukup populer akhir-akhir ini. Hal ini bisa dimaklumi mengingat CDMA di Indonesia menawarkan solusi komunikasi yang relatif terjangkau. Selain itu, kecepatan yang ditawarkan untuk koneksi Internet juga cenderung tinggi dibandingkan dengan teknologi GSM. Hal ini mendorong munculnya perangkat komunikasi yang memanfaatkan keunggulan teknologi CDMA, salah satunya adalah Venus VT-10 yang merupakan modem CDMA dengan interface USB. Venus VT-10: Modem CDMA USB Venus VT-10 memiliki bentuk yang mirip dengan USB flash disk. Hanya saja, ia memiliki slot untuk RUIM card. Anda juga akan menemukan sebuah LED yang akan menyala merah atau hijau, sesuai dengan status komunikasi.

Unit yang diterima CHIP tampaknya masih merupakan unit demo. CHIP hanya menemukan sebuah CD copy-an, handsfree, dan sebuah kabel USB. Paket penjualan resminya seharusnya memberikan bundel yang lebih lengkap dan lebih menarik.

Proses instalasi relatif mudah Walaupun tidak menyertakan manual apapun, proses instalasi alat ini sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu meng-install driver yang disediakan pada CD driver-nya. Selanjutnya, pasang VT-10 di port USB ketika diminta. Seharusnya, proses instalasi sudah selesai dan modem ini pun siap untuk digunakan.

Venus menyediakan software yang memiliki interface cukup baik. Semua menunya sudah menggunakan bahasa Inggris (walaupun ada beberapa penggunaan bahasa Inggris yang kurang tepat). Gambar background software tersebut juga masih menggunakan huruf kanji, namun karena tidak berhubungan dengan menu, maka hal ini relatif tidak masalah.

Software yang disediakan relatif sederhana. Secara umum, ia dibagi menjadi tiga bagian yaitu fungsi telepon, SMS, dan phone book. Anda juga bisa melihat informasi status koneksi Internet dan konfigurasinya pada salah satu menu dari software ini.

Saat ada panggilan masuk, maka notebook Anda akan berbunyi. Menu pop-up juga akan muncul menginformasukan nomor telepon pemanggil. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan apakah ingin menjawab panggilan atau tidak. Panggilan bisa dijawab dengan menggunakan handsfree yang disediakan. Untuk koneksi Internet, Anda harus memasukkan username, password, nomor tujuan, dan APN pada menu konfigurasi.

Kesimpulan : Venus VT-10 menawarkan fleksibilitas untuk Anda yang membutuhkan akses data berkecepatan tinggi dengan jaringan CDMA.

Tidak ada komentar: