Kamis, 13 Desember 2007

Robot 'Dipaksa' Mengenali Pola Komunikasi


Robot Penuntun di RS Jepang (AFP)


Tokyo - Bisakah Anda bayangkan kalau robot belajar mengenali pola komunikasi? Terdengar mustahil memang, tetapi teknologi ini tengah dikembangkan oleh ilmuwan Jepang.

Para ilmuwan ini berasal dari The National Institute of Information and Communications Technology. Mereka sedang membuat terobosan untuk 'memaksa' robot belajar menangkap bentuk komunikasi dan pola percakapan penggunanya.

Teknologi ini diklaim sebagai yang pertama di dunia. Nantinya robot-robot tersebut diharapkan dapat bergerak tidak terbatas pada pengenalan perintah kata-kata baku, tetapi juga dapat mengenali perintah dari kalimat yang membingungkan.

"Robot nantinya akan memiliki kemampuan komunikasi yang akan membuat mereka dapat menangkap perintah yang dimaksud oleh penggunanya," sebut pernyataan dari institusi tersebut, yang dikutip detikINET dari AFP, Kamis (14/6/2007).

Sebagai gambaran, ketika robot menanyakan kepada seseorang apakah ia menginginkan secangkir kopi dan orang itu menjawab "kopi akan membuat saya terbangun". Maka robot akan mampu menilai apakah orang itu ingin terbangun atau malah ingin kopi, jelas institusi tersebut.

Biaya yang ditanggung oleh proyek ini tentunya menghabiskan dana yang tidak sedikit, sehingga pemerintah negeri sakura rela memberikan back-up biaya bagi mereka. Belum diketahui kapan rencananya teknologi ini akan diperkenalkan dan dipraktekkan di tengah publik.

Tidak ada komentar: