Kamis, 06 Desember 2007

Ternyata e-Business dalam Bank penting juga ya...

Bayangkan jika cabang-cabang bank tidak terhubung on line seperti sekarang ini. Nasabah bank hanya bisa menyetor dan mengambil uangnya di cabang tempat ia membuka rekening. Terutama ketika nasabah membutuhkan uang tunai saat ia sedang berada di wilayah lain. Layanan bank pun jadi terbatas pada orang-orang di daerah tertentu saja. “Tanpa jaringan on line proses pencatatan transaksi jadi ruwet. Biaya administrasi jadi tinggi, pengumpulan data yang terpusat menjadi lambat dan sulit dilakukan. Apalagi melakukan manajemen kontrol ke seluruh cabang. Seluruh proses kerja menjadi tidak efisien, bisnis dan layanan bank pun tidak dapat berkembang, ucap Manajer IT di salah satu bank swasta.

Pembangunan jaringan on line antar cabang menjadi penting. Bagaimana pun, agar tumbuh sehat bank perlu membuka banyak cabang untuk menjaring lebih banyak nasabah. Nah, untuk meningkatkan efisiensi, tiap cabang membutuhkan aplikasi yang terintegrasi, baik dengan cabang lain maupun dengan kantor pusat. Transaksi perbankan apapun yang terjadi di satu kantor cabang, akan tercatat langsung di kantor pusat dan bisa diakses pula oleh cabang-cabang lain. Hal ini akan memudahkan untuk pihak bank dalam hal efisiensi dan kontrol, juga kenyamanan buat para nasabah. Karena dengan menyatunya data di pusat dan bisa diakses semua cabang, maka nasabah bisa menarik dan menyetor dana dari cabang mana pun juga. Termasuk juga menikmati kenyamanan bertransaksi melalui Automatic Teller Machine (ATM) yang tersebar luas. Semua dimungkinkan dengan penerapan jaringan komunikasi data on line antar cabang.

Tidak ada komentar: